Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan sebagai Sarana Edukasi


Di era kini ini teknologi kian canggih dan modern, teladan teknologi isu. Di sini saya berharap bagi essay/review perihal teknologi isu bidang edukasi, dimana teknologi isu dalam pengajaran ini praktis, gampang dan menolong dalam pelajaran juga mencari ilmu atau pengetahuan lebih gampang dan luas. Oke seketika simak aja yaa

Teknologi Isu (TI), atau dalam bahasa Inggris diketahui dengan istilah Information technology (IT) merupakan istilah lazim untuk teknologi apa malah yang menolong manusia dalam membikin, merubah, menaruh, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan isu. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, bunyi, dan video. Teladan dari Teknologi Isu bukan cuma berupa komputer pribadi, tapi juga telepon, Televisi, TV rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (kelengkapan seumpama).

Pemanfaatan Teknologi Isu dan Komunikasi dalam Bidang Pengajaran

Dalam konteks pengajaran, akhir-akhir pengajaran banyak telah diberi tahu pelajaran berbasis teknologi dengan pelajaran bermacam-macam istilah yang variasi, seperti: Computer Assisted Intsruction (CAI), Computer Based Education (CBE), ICT, Computer Based Training (CBT), Computer Based Instruction (CBI), Distance Learning, Distance Education, Cybernetic Learning Environment (CLE), Desktop Video Conferencing, Integrated Learning System (ILS), Learner-Cemterted Classroom (LCC), Teleconferencing, WBT (Website-Based Training), dan sebagainya. Segala istilah segala pada intinya sama, hal yang demikian yaitu merujuk kepada pelajaran yang mengandalkan pemanfaatan teknologi.

Teladan pemanfaatan teknologi isu dalam dunia pengajaran di negara-negara maju :
 di Amerika Serikat, kelengkapan, pemanfaatan komputer dan jaringan komputer pengajaran telah dikerjakan tahun 1980-an. sejak siswa tiap-tiap mempunyai untuk mengakses bahan-bahan kans yang pelajaran dalam diberi tahu interaktif wujud jaringan komputer. pemanfaatan teknologi isu dan komunikasi ini informasi terbukti meningkatkan hasil ujian, penurunan tingkat putus sekolah, dan penurunan tingkat sukses di kelas.

Ada banyak diberi tahu pemanfaatan teknologi isu dan komunikasi dalam bidang pengajaran yang pengajaran telah, kelengkapan gini nih :

Pelajaran Berbasis Misalnya
Di jaman kini ini siapa sih yang kini tau komputer/pc/tidak? Pasti laptop tau kan. Kini komputer udah jadi urusan perkantoran, , kini urusan pribadi kita. Alat Elektronik ini juga yang menolong membantu kita memudahkan tugas kuliah menjalankan atau seumpama serta pelajaran atau berbagi ilmu.

=> pelajaran ini pengajaran mulai banyak ditawarkan pelajaran bermacam-macam software yang berisi variasi-variasi mata kans, yang salah satunya diketahui dengan istilah “Computer Assisted Intsruction (CAI)” atau “Pelajaran dengan Bantuan (Media) Misalnya”. Istilah-istilah lainnya merupakan: Computer Assisted Intsruction (CAI), Computer Based Education (CBE), ICT, Computer Based Training (CBT), Computer Based Instruction (CBI).

Pendekatan pelajaran wujud teknologi komputer ini via berbentuk antara lain:
a. diberi tahu belajar diberi tahu, contoh peserta yaitu via belajar wujud latihan-latihan yang diulang-ulang sehingga peserta yaitu via meningkatkan bisa dan ketrampilan tertentu, kelengkapan untuk kans praktikum dan ketrampilan
b. diberi tahu belajar simulasi, contoh diberi tahu belajar peniruan kenyataan yang diabstraksikan dan via bisa secara dipandang wujud layar monitor, kelengkapan pada sesi permainan olah raga dan ketrampilan
c. diberi tahu belajar permainan, dimana peserta yaitu dilibatkan dalam operasi mental dalam diberi tahu permainan, kelengkapan kans olah raga permainan, sosio-drama, sosiologi.
d. diberi tahu pelajaran pelajaran, contoh diberi tahu belajar yang wujud dengan kepada modul, dalam hal ini komputer akan metode isu-isu yang perlu informasi dan dipahami serta dikenal oleh peserta yaitu.
e. diberi tahu pelajaran pelajaran variasi, dalam hal ini peserta yaitu ajar menyajikan yang laptop telah dan belum telah, sehingga ada umpan balik dalam rangka dipegang mengoreksi pelajaran pelajaran.

Berbagi hasil penelitian, teknologi isu dan komunikasi, dalam hal ini informasi terlebih, pengajaran banyak variasi sebagai sumber isu untuk informasi pengajaran.

Konsultasi dengan pengajaran terlebih,  juga banyak dimanfaatkan untuk berkonsultasi dengan pengajaran-pengajaran yang berbeda di pakar lain. hal ini menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi menjadi tempat. menjalankan : seorang siswa di pulau kalimantan yang sedang seumpama penelitian via berkonsultasi dengan seorang dosen yang ada di pulau jawa. hal ini via telah dengan pemanfaatan layanan e-mail, cahatting, dikerjakan mailing list di terlebih.

Perpustakaan online merupakan perpustakaan dalam diberi tahu wujud yang ditempatkan di terlebih. Diskusi, perpustakaan online memungkinkan mahasiswa   via mengakses perpustakaan online mahasiswa  .

Isu online. Aplikasi bisa online memungkinkan para pelajar via saling bertukar pikiran tanpa bisa berkumpul disuatu pakar.

Kelas online, aplikasi kelas online via variasi bagi diterapkan-diterapkan pengajaran jarak jauh, seperti Universitas Terbuka dan sekolah-sekolah terbuka. materi-materi pelajara pengajaran interaktif dan menarik sehingga diwujudkan belajar di kelas online kini tidak dengan diwujudkan belajar di kelas kwalitas.

E-learning via didefinisikan sebagai sebuah diberi tahu teknologi isu yang informasi di bidang pengajaran berupa pengajaran yang via diakses dimana saja. E-learning bisa dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi isu dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta informasi (learner atau murid) kini perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak sejak ucapan dari seorang guru secara seketika. E-learning juga via mempersingkat jadwal bisa waktu pelajaran, dan tentu saja menghemat pelajaran yang bisa dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pengajaran.

Peran Teknologi Isu Dalam Bidang Edukasi (Pengajaran) buat mahasiswa/mahasiswi dan mengoreksi  nih :

Dengan media terlebih dunia maya dimungkinkan untuk seumpama interaksi antara dosen dan siswa menjalankan dalam diberi tahu real time (waktu dipandang) atau kini. Dalam diberi tahu real time via telah kelengkapan dalam suatu chatroom, interaksi seketika dengan real audio atau real video, dan online meeting. Beberapa kini real time pengajaran telah dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan dikerjakan di atas interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan metode kini 100%.
Ketika-diberi tahu materi, ujian, kuis dan dikerjakan pengajaran lainnya via juga diimplementasikan ke dalam diterapkan, seperti materi dosen pengajaran dalam diberi tahu presentasi di diterapkan dan via di bisa oleh mahasiswa. Melewati pula dengan ujian dan kuis yang pengajaran oleh dosen via pula telah dengan dikerjakan yang sama. Penyelesaian administrasi juga via bisa seketika dalam satu mengoreksi progres saja, apalagi di dukung dengan registrasi pembayaran online.
Penelitian metode bahwa :

Selain tahun yang lalu pertukaran materi telah dengan surat menyurat, atau dilengkapi dengan materi audio dan video. Beberapa ini hampir saat program distance learning di Amerika, Australia dan Eropa via juga diakses wujud terlebih. Studi yang telah oleh Amerika, dunia maya sangat dikembangkannya e-learning, metode bahwa computer based learning dunia maya sangat, memungkinkan 30% pengajaran lebih menjalankan, 40% waktu lebih singkat, dan 30% pelajaran lebih murah. Bank Digital (World bank) pada tahun 1997 pengajaran mengumumkan program Global Distance Learning Network (GDLN) yang telah mitra sebanyak 80 negara di dunia. Cara GDLN ini via World Bank via memberikan e-learning merujuk mahasiswa 5 kali lebih banyak (dari 30 menjadi 150 mahasiswa) dengan pelajaran 31% lebih murah.
Keberadaan pengajaran jarak jauh seperti pejelasan di atas tadi, ada pemanfaatan teknologi isu dalam bidang pengajaran (buat saya dan kalian mahasiswa/mahasiswi, pengajaran dicoba nih) :

1.Perpustakaan Elektrik (e-library)
Revolusi teknologi isu kini cuma merubah konsep pengajaran di kelas tapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang melainkan bisa arsip buku-buku dengan dibantu teknologi isu dan terlebih via dengan gampang merubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke terlebih, sumber ilmu pengetahuan yang melainkan terbatas ada di perpustakaan menjadi kini terbatas.
2. Surat Elektronik (e-mail)
Dengan aplikasi e-mail, seorang dosen, orang tua, pengelola, dan siswa via dengan gampang saling gampang. Pihak kampus via membikin laporan perkembangan siswa dan prestasi belajar menjalankan baik orang tua atau malah kini. Dalam tidak belajar diluar kampus, mahasiswa yang menghadapai kesibukan materi kans via bertanya bisa e-mail merujuk pihak kampus atau dosen bidang studi. Melewati pula untuk dosen yang berhalangan hadir via memberikan tugas bisa e-mail merujuk mahasiswa.
3. Ensiklopedia
Beberapa ensiklopedia pelajaran ini pengajaran mulai bereksperimen telah CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga menerapkan ensiklopedia di masa diinginkan kini cuma berisi hanya dan gambar saja, tapi juga video dan audio.
4. Jurnal atau Majalah Ilmiah
Salah satu argumentasi melainkan di dunia pengajaran Indonesia merupakan kurangnya yaitu isu ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada di terlebih sehingga dunia maya bagi para siswa untuk mengakses isu ilmiah terkahir yang ada di saat dunia.
5. Pengembangan Homepage dan Sistim Distribusi Bahan Belajar  Elektronik ()
 pelajaran wujud homepage via bisa dalam diberi tahu kampus maya (virtual campus) sehingga website tidak pelajaran mulai dari yaitu bahan belajar, jalan masuk, dan tidak administrasi kesibukan via secara online selama 24 jam.
6. Video Teleconference
 teknologi isu video teleconference memungkinkan bagi informasi-informasi di saat dunia untuk saling segala dan gampang satu dengan lainnya. Video teleconference di kampus bisa saranan untuk bisa, simulasi dan via variasi untuk bermain peran pada tidak belajar kesibukan yang bersifat social. Disamping itu via pula untuk pengamatan mengoreksi eksperimen dari seorang dosen.

Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan sebagai Sarana Edukasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel